Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
Mu’ammila Rohmaniyah, NIM .12480078
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2016-08-15 01:43:13
Abstract :
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang memberlakukan pembelajaran
scientific. Salah satu dampak diberlakukannya kurikulum 2013 adalah
pemahaman mengenai penilaian autentik dan pelaksanaannya. Dalam melakukan
penilaian autentik dituntut kompetensi guru yang mumpuni untuk melaksanakan
penilaian autentik.
Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil
latar SD Muhammadiyah Bodon. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik
kelas IV A, IV B, dan IV C. Objeknya adalah kompetensi penilaian autentik
dalam pembelajaran tematik. Pengumpulan data dengan teknik observasi,
wawancara, dokumentasi, dan angket respon peserta didik. Analisis data kualitatif
ini menggunakan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data,
menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam
menyelenggarakan penilaian autentik yang dilakukan di SD Muhammadiyah
Bodon meliputi, 1) guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam
RPP, 2) guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik, teknik yang
digunakan yaitu teknik observasi untuk penilaian ranah sikap, teknik tes tertulis
dan penugasan untuk penilaian ranah pengetahuan, dan teknik unjuk kerja untuk
penilaian ranah keterampilan, 3) guru menganalisis hasil penilaian untuk
mengidentifiksi topik atau kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remidial
dan pengayaan dengan menggunakan kriteria ketuntasan minimal (KKM).