Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHITOTUN NIKMAH, NIM. 12410037
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2016-08-22 01:42:17
Abstract :
KHITOTUN NIKMAH. Penanaman Nilai Karakter dalam Pendidikan
Agama Islam dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Peserta
Didik di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2016.
Latar belakang penelitian ini adalah peran sekolah sebagai tolok ukur
terwujudnya karakter mulia pada diri siswa melalui suasana pembelajaran yang
kondusif, nyaman, dinamis, dan ditegakkannya nilai dan norma yang berlaku.
Termasuk dalam hal ini terwujudnya karakter kedisiplinan pada peserta didik.
Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang betindak kurang disiplin
seperti membolos, tawuran, vandalisme, melakukan tindak kekerasan, melakukan
berbagai pelanggaran baik dalam sekolah maupun luar sekolah, dan sebagainya.
Sedang SMA Negeri 7 Yoyakarta memiliki keunggulan dalam penerapan dan
pengembangan penanaman nilai karakter yaitu melalui proses pembelajaran,
pembiasaan, peneladanan, pembudayaan dan perubahan. Penelitian ini bertujuan
untuk untuk mendeskripsikan konsep penanaman nilai karakter yang diterapkan
dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Yogyakarta, mendeskripsikan
implementasi penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 7 Yogyakarta, dan menganalisis implikasi penanaman nilai karakter dalam
Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 7
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA
Negeri 7 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sumber data
adalah Guru PAI dan peserta didik kelas XI dengan kriteria memiliki kedisiplinan
tinggi dan rendah. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep penanaman nilai karakter
dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Yogyakarta yaitu merupakan
suatu usaha yang dilakukan seluruh guru dan seluruh komponen sekolah dalam
membentuk siswa berakhlakul karimah. Dari konsep tersebut, terdapat hubungan
erat antara konsep penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam yaitu
tercermin dari materi Pendidikan Agama Islam dan dari proses pembelajarannya.
2) Implementasi konsep penanaman nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam
di SMA Negeri 7 Yogyakarta, menggunakan dua cara yaitu intrakurikuler atau
kegiatan akademik dan ekstrakurikuler. 3) Implikasi penanaman nilai karakter
dalam Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri
7 Yogyakarta dapat disimpulkan yaitu mengalami peningkatan kedisiplinan. Hal ini
ditunjukkan dari adanya peningkatan kedisiplinan atas subjek I, II, III, IV, V,
dibanding dengan keadaan di jenjang sebelumnya. Sementara hanya subjek VI yang
merasakan kestabilan atau tidak mengalami perbedaan antara di jenjang SMA
dengan jenjang sebelumnya.