Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUHAMMAD ALFIAN, SPDI, NIM. 1420410002
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2016-11-22 06:51:14
Abstract :
Muhammad Alfian, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Bo’ Sangaji Ka’i Catatan Kerajaan Bima. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga, 2016.
Yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini, adalah dipandang pentingnya untuk
melakukan kajian mengenai nilai pendidikan, khususnya nilai pendidikan Islam dalam dokumen-
dokumen penting daerah. Hal ini didasari karena penelitian dan kajian mengenai nilai pendidikan
Islam masih didominasi oleh kajian terhadap karya-karya ulama klasik Islam timur tengah. Dokumen-dokumen daerah yang di dalamnya mengandung catatan-catatan sejarah dari daerah
tertentu, menurut peneliti juga mengandung muatan nilai yang sangat kontributif bagi
perkembangan pendidikan Islam Indonesia. Dari argument dasar ini, peneliti berusaha menyajikan penelitian mengenai Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Bo’ Sangaji Ka’i Catatan
Kerajaan Bima Penelitian ini berupa penelitan kepustakaan yang bersifat kualitatif. Karena berupa penelitian kepustakaan, pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dengan
menggunakan teknik analisis data berupa analisis isi (content analisys), dengan menggunakan
teknik kejelasan isi dan penyajian data secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, nilai pendidikan Islam dalam Bo’ Sangaji Ka’i data dilacak melalui beberapa catatan berupa catatan mengenai hukum adat dan tradisi yang pernah terjadi pada masa kesultanan dulu. Hal ini dikarenakan, dalam bo’ sangaji ka’I lebih banyak menyebutkan catatan mengenai peperangan, perluasan wilayah, dan surat perjanian
dengan Belanda. Nilai-nilai yang terkandung dalam catatan-catatan tersebut mewakili nilai pendidikan islam berupa nilai pendidikan keimanan, nilai pendidikan ahlak, nilai pendidikan
ibadah, nilai pendidikan seks, dan nilai tanggung jawab social. Kedua, relevansi nilai pendidikan
Islam dalam Bo’ Sangaji Ka’i terhadap pendidikan Islam dapat terlihat dalam tujuan pendidikan
Islam dan materi pembelajaran pendidikan Islam. Kutipan Bo’ Sangaji Ka’i mengenai sikap pemimpin yang harus mementingkan urusan rakyat diatas urusan pribadi serta memegang teguh
ajaran Islam, sejalan dengan tujuan pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan
peserta didik sebagai manusia terbaik, sebagai khalifah di muka bumi. Mengenai materi pembelajaran, catatan hukum adat dalam Bo’ yang mengatur masyarakat agar tercipta sebuah
tata aturan social yang baik dan religius, juga tersirat mengenai bagaimana seharusnya tiap individu bergaul dengan baik terhadap individu yang lain, juga bagaimana mereka bergaul dengan alam sejalan dengan materi pembelajaran pendidikan Islam berupa materi yang berorientasi kepada aqidah syariat, dan ahlak.