Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ZAINAL ARIFIN, NIM. 1420410094
Subject
Pendidikan Islam (Pesantren)
Datestamp
2016-11-22 08:48:49
Abstract :
Zainal Arifin, 1420410094, NIlai-Nilai Humanistik dalam Pembelajaran Agama
Islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul.
Setiap peserta didik memiliki keunikan dan kreatifitas yang berbeda-beda.
keunikan dan kreatifitas ini harus mampu diolah oleh pendidik agar supaya
peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satunya adalah
dengan menerapakan nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran agama islam.
Dalam proses belajar mengajar, peserta didik bukan menjadi objek yang hanya
menerima pesan, diam, tidak aktif dengan bertanya, dan menoton tetapi pesarta
didik merupakan subjek yang dapat berkreasi dengan cara-cara kreatif dalam
pembelajaran sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Tidak
jarang ditemukan dilapangan berbagai kegiatan pembejaran yang konvesional
sehingga peserta didik tidak berkreasi dengan baik
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai humanistik
yang terdapat dalam pembelajaran agama islam di SMK Amanah Husada
Banguntapan Bantul untuk menjawab problem (1) apa saja nilai-nilaihumanistik
dalam pembelajaran agama islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul,
(2) bagaimana aplikasi nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran agama islamdi
SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul, dan (3) apasaja faktor pendukung
dan penghambat aplikasi nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran agama islam
di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif.
Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun
sumber data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan trianggulasi.
Hasil peneliti menunjukkan; Pertama, nilai-nilai humanistik dalam
pembelajaran agama islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul adalah
nilai toleransi,nilai kejujuran,nilai demokrasi,nilai nasionalisme, peduli
lingkungan,peduli sosial, dan berbaik sangka kepada orang lain. Kedua, di
Perankan, (1) nilai toleransi diperankan dengan memberikan kebebasan kepada
peserta didik yang berbeda keyakinan untuk mengikuti pembelajaran agama
islam. (2) nilai kejujuran diperankan dengan mengoreksi soal bersama di dalam
kelas, (3) nilai demokratisdiperankan dengan memberi kebebasan kepada peserta
didik untuk mengeskpresikan ide-ide dalam proses pembelajaran dengan
menggunakan metode bervariasi seperti metode diskusi, (4) nilai nasionalisme
diperankan dalam bentuk kegiatan upacara bendera, perayaan hari islam dan Hari
Besar Nasional,(5) peduli lingkungan diperankan dengan kegiatan menjaga
kebersihan kelas, lingkungan sekolah, dan membuang sampah pada tempatnya
sesuai dengan jadwal masing-masing kelas,(6) peduli sosial yang diterapkan
dengan mendoakan orang tua masing-masing dan siswa yang sakit sebelum
pembelajaran dimulai, dan infak sosial yang diadakan oleh pihak lembaga bekerja
sama dengan GSNI,(7) berbaik sangka kepada orang laindiperankan dengan
merubah tempat duduk peserta didik setiap dua minggu sekali sebelum memulai
pelajaran. Ketiga, Adapunfaktor pendukung aplikasi nilai-nilai humanistik dalam
viii
pembelajaran agama islam adalah adanya media pembelajaran yang lengkap dan
memadahi, kelas yang nyaman, dan dinamika peserta didik yang beragam
kepercayaan. Sedangkan faktor penghambat adalah jumlah guru agama islam
yang kurang memadahi dan jumlah peserta didik yang terlalu banyak.