Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
GANJAR RACHMAWAN ADIPRANA, NIM.11470123
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2016-12-22 03:43:11
Abstract :
Materi pelajaran buku PAI dan Budi Pekerti terbitan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 kelas XI, pada halaman 170, memuat
materi tentang pemikiran Muhammad bin Abdul Wahab yang membolehkan umat
Islam membunuh seseorang atau kelompok yang tidak seagama dengannya.
Sementara pada hal 184, dalam buku yang sama, memuat ajaran toleransi sebagai
alat pemersatu bangsa. Pertentangan yang terjadi dalam buku tersebut, melandasi
penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui muatan nilai toleransi dan
penanaman sikap toleran bagi siswa SMA melalui buku Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti bagi SMA pada kelas X dan kelas XI.
Dengan menggunakan penelitian jenis studi pustaka, data primer diperoleh
dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bagi SMA dalam Kurikulum
2013. Sedangkan data sekunder yang mencakup konsep Pluralisme Agama,
didapat dari buku Nurcholish Madjid yang berjudul Islam Doktrin Peradaban.
Menggunakan pendekatan filosofis-historis, penelitian ini mengaitkan dan
menginterpretasikan secara logis-sistematis konsep Pluralisme, yang dimana salah
satu poinnya adalah sikap toleran, dengan materi pelajaran dalam buku PAI dan
Budi Pekerti terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Adapun hasil dari penelitian ini, menyimpulkan bahwa:
1. Muatan nilai toleransi pada Buku PAI dan Budi Pekerti SMA Kurikulum 2013,
mencakup pembahasan toleransi dalam 1 bab khusus di buku PAI dan Budi
Pekerti kelas XI, dengan tema “Toleransi sebagai alat pemersatu bangsaâ€
Sedangkan 7 bab materi pelengkap yang mengajarkan tentang toleransi,
terdapat dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas X dengan tema pembahasan
“Aku selalu dekat dengan Allah Swtâ€, “Meniti hidup dengan kemuliaanâ€,
“Meneladani perjuangan Rasulullah di Madinahâ€, dan dalam buku PAI dan
Budi Pekerti kelas XI dalam bab “Al-Qur’an sebagai pedoman hidupâ€,
“Membangun Bangsa melalui perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, dan
etos kerjaâ€, serta “Rasul-Rasul itu kekasih Allah Swtâ€.
2. Penanaman sikap toleran siswa SMA melalui buku Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti, diawali dari memberi penilaian fenomena kekerasan,
pembakaran rumah ibadah, dan tawuran pelajar dengan pendekatan agama,
sosial, dan budaya. Kemudian membaca qur’an surat Yunus ayat 40-41, dan
Al-Maa’idah ayat 32 sesuai tajwid, yang dilanjut dengan menghafal. Lalu
mengkaji hadis Nabi Muhammad SAW tentang adab bertetangga yang baik,
disertai pembahasan UU No.23 tahun 2002 dan UU No. 23 tahun 2004 tentang
larangan melakukan tindak kekerasan dalam diskusi kelompok sisw