DETAIL DOCUMENT
PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS WAHID HASYIM GATEN YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
Agus Priyadi, NIM. 98423939
Subject
Pendidikan Bahasa Arab 
Datestamp
2021-12-29 07:16:14 
Abstract :
Kompetensi profesional guru bahasa Arab di MTs Wahid Hasyim secara umum sedang. Hal ini dapat diketahui melalui penguasaan materi pelajaran, ketepatan dalam menggunakan pendekatan, metode dan teknik dalam pembelajaran serta penguasaan teori-teori (konsep) kependidikan seperti Psikologi, Ilmu Pendidikan, Metodologi dan lain-lain. Penguasaan ini dilakukan melalui program akta N, training, diskusi, seminar, work shop dan penelaahan buku-buku kependidikan secara mandiri ( otodidak). Peranan guru bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Wahid Hasyim secara umum baik meskipun belum maksimal. Hal ini terlihat dari keterlibatan mereka yang lebih luas. Tidak sekedar mengajar di kelas, tetapi juga melakukan tugas-tugas lain seperti mendidik, membimbing, memotivasi, memfasilitasi, melatih, memimpin dan mengevaluasi pembelajaran. Prestasi belajar bahasa Arab yang dicapai siswa MTs Wahid Hasyim secara rata-rata lebih dari cukup dan ada peningkatan prestasi sebesar 0.26 ( dari 7 .09 menjadi 7 .35 ). 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga