Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MAULIDA RAHMAH , NIM. 08670051
Subject
Pendidikan Kimia
Datestamp
2016-02-22 03:04:10
Abstract :
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik
instrumen penilaian kualitas media pembelajaran elektronik untuk video animasi
kimia, web pembelajaran kimia, multimedia interaktif kimia, kamus digital dan
ensiklopedi digital dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian kualitas media
pembelajaran elektronik untuk video animasi kimia, web pembelajaran kimia,
multimedia interaktif kimia, kamus digital dan ensiklopedi digital yang telah
dikembangkan menurut penilaian ahli evaluasi, ahli media dan ahli bahasa.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri
dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Prosedur penelitian ini
terbatas sampai tahap pengembangan (development). Subjek penilai instrumen
adalah dosen pembimbing dan tiga dosen ahli yang terdiri dari satu ahli evaluasi,
satu ahli media, dan satu ahli bahasa. Tinjauan dan masukan dari dosen ahli ini
sebagai validasi instrumen.
Instrumen penilaian yang telah dikembangkan mempunyai karakteristik
mampu mengukur aspek suara, musik, narasi, animasi, tulisan, warna dan format
sajian video pada video animasi kimia; mampu mengukur aspek penggunaan,
sistem navigasi, desain grafis, isi, kemampuan akses, kecepatan akses dan segi
fungsi pada web pembelajaran kimia; mampu mengukur aspek kemudahan
navigasi, kandungan kognisi, presentasi informasi penilaian, integrasi media,
artistik dan estetika serta fungsi secara keseluruhan pada multimedia interaktif
kimia; mampu mengukur aspek desain basis data program, kaidah user friendly,
kesesuaian dengan materi, penggunaan program dan teknik penggunaan program
pada kamus digital dan mampu mengukur aspek isi, kemudahan penggunaan,
kesesuaian dengan tingkat pembaca dan spesifikasi program pada ensiklopedi
digital. Berdasarkan hasil validasi ahli evaluasi, ahli media dan ahli bahasa,
instrumen penilaian kualitas media pembelajaran elektronik kimia memiliki
kualitas Baik dan Sangat Baik pada aspek penilaian, indikator penilaian dan
deskripsi indikator penilaian sehingga layak diujicobakan pada responden.
Kata Kunci: penelitian pengembangan, instrumen penilaian, media pembelajaran
elektronik dan skala.