Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
SRI JUMAINI, NIM. 086700044
Subject
Pendidikan Kimia
Datestamp
2016-02-22 04:13:44
Abstract :
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen
penilaian aspek psikomotorik pada praktikum kimia kelas XI materi pokok faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi yang memiliki karakteristik unggul. Selain itu penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian dalam mengukur
kemampuan psikomotorik peserta didik pada praktikum melalui validasi ahli dan
penilaian guru kimia SMA/MA.
Penelitian ini menggunakan model prosedural Borg & Gall yang terdiri dari
empat tahap pengembangan yaitu: tahap analisis produk yang akan dikembangkan,
tahap pengembangan produk awal, tahap validasi ahli dan revisi, dan tahap uji coba
lapangan skala kecil dan revisi produk. Produk instrumen penilaian ditinjau oleh dosen
pembimbing, dosen ahli materi dan instrumen, serta dosen ahli bahasa. Instrumen
penilaian yang dikembangkan diujicobakan pada skala kecil (terbatas), yaitu dengan
menilaiakan produk kepada 5 guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen penilaian
berupa lembar angket berbentuk daftar cek (check list). Aspek yang dinilaikan
merupakan aspek yang berkaitan dengan kriteria instrumen penilaian antara lain
objektivitas, kesistematisan, konstruksi, kebahasaan, kepraktisan, dan pembiayaan.
Hasil validasi isi menunjukkan instrumen penilaian yang dikembangkan
memiliki validitas isi yang memenuhi kriteria instrumen penilaian yang baik. Hasil
penilaian guru terhadap instrumen menunjukkan bahwa instrumen penilaian memiliki
kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 85%. Berdasarkan hasil
validasi ahli dan penilaian guru maka instrumen penilaian aspek psikomotorik pada
praktikum kimia SMA/MA materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
layak digunakan.
Kata Kunci: instrumen penilaian, kemampuan psikomotorik, praktikum kimia, laju
reaksi