DETAIL DOCUMENT
PENGARUH RETURN ON EQUITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2009-2011
Total View This Week180
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author

Subject
Keuangan Islam 
Datestamp
2016-09-26 07:20:20 
Abstract :
Penelitian mengenai pengaruh Return on Equity (ROE) terhadap nilai perusahaan menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Hal ini menunjukkan adanya faktor lain yang turut mempengaruhi hubungan ROE terhadap nilai perusahaan, sehingga penulis memasukkan pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi yang diduga ikut memperkuat atau memperlemah pengaruh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR dalam hubungan antara ROE terhadap nilai perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode 2009-2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan (applied research). Tekhnik penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 13 perusahaan non-keuangan dari beberapa sektor yang masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode tahun 2009-2011. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri data sekunder berupa laporan tahunan dan keuangan yang dapat diunduh di website masing-masing perusahaan dan juga dapat dari ICMD, kemudian data disusun pooling. Jumlah data observasi diperoleh sebanyak 39 observasi. Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah Return on Equity (ROE), variabel dependen berupa nilai perusahaan (Tobin’s Q), dan variabel pemoderasi berupa Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda dengan instrument penelitian menggunakan perangkat lunak komputer yaitu dengan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, ROE, CSR, dan interaksi antara ROE dengan CSR berpengaruh secara simultan (bersamasama) secara signifikan terhadap Tobin’s Q. Variabel independen dalam persamaan 1, yaitu ROE dapat menjelaskan variabilitas nilai perusahaan sebesar 28.2 %, sedangkan variabel independen dalam persamaan 2, yaitu ROE, pengungkapan CSR dan interaksi antara ROE dan CSR terbukti dapat menjelaskan variabilitas nilai perusahaan yang lebih rendah, yaitu sebesar 27.7 %. Uji parsial menunjukkan bahwa: variabel ROE terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan analisis variabel pemoderasi menunjukkan hasil negatif dan tidak signifikan yang berarti bahwa CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara ROE terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: ROE, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan.  

Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga