Abstract :
Penelitian mengenai pengaruh Return on Equity (ROE) terhadap nilai
perusahaan menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Hal ini menunjukkan adanya
faktor lain yang turut mempengaruhi hubungan ROE terhadap nilai perusahaan,
sehingga penulis memasukkan pengungkapan Corporate Social Responsibility
sebagai variabel pemoderasi yang diduga ikut memperkuat atau memperlemah
pengaruh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan
CSR dalam hubungan antara ROE terhadap nilai perusahaan-perusahaan yang
masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode 2009-2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan (applied research). Tekhnik
penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel
13 perusahaan non-keuangan dari beberapa sektor yang masuk dalam Jakarta
Islamic Index (JII) periode tahun 2009-2011. Tekhnik pengumpulan data
dilakukan dengan cara menelusuri data sekunder berupa laporan tahunan dan
keuangan yang dapat diunduh di website masing-masing perusahaan dan juga
dapat dari ICMD, kemudian data disusun pooling. Jumlah data observasi
diperoleh sebanyak 39 observasi. Adapun variabel independen dalam penelitian
ini adalah Return on Equity (ROE), variabel dependen berupa nilai perusahaan
(Tobin’s Q), dan variabel pemoderasi berupa Pengungkapan Corporate Social
Responsibility. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana
dan analisis regresi berganda dengan instrument penelitian menggunakan
perangkat lunak komputer yaitu dengan program SPSS 16.0 for Windows.
Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, ROE, CSR,
dan interaksi antara ROE dengan CSR berpengaruh secara simultan (bersamasama)
secara signifikan terhadap Tobin’s Q. Variabel independen dalam
persamaan 1, yaitu ROE dapat menjelaskan variabilitas nilai perusahaan sebesar
28.2 %, sedangkan variabel independen dalam persamaan 2, yaitu ROE,
pengungkapan CSR dan interaksi antara ROE dan CSR terbukti dapat menjelaskan
variabilitas nilai perusahaan yang lebih rendah, yaitu sebesar 27.7 %. Uji parsial
menunjukkan bahwa: variabel ROE terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai
perusahaan. Sedangkan analisis variabel pemoderasi menunjukkan hasil negatif
dan tidak signifikan yang berarti bahwa CSR tidak mampu memoderasi hubungan
antara ROE terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: ROE, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan.