Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ANA SUBEKTI, NIM. 09410114
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2013-05-08 09:51:52
Abstract :
ANA SUBEKTI. Efektivitas Pendidikan Nilai Anak Usia Dini Dalam
Pembentukan Karakter Islami Anak (Studi Kasus di Kelompok Bermain Budi
Mulia Dua Terban Yogyakarta). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakart, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya amanat dari
pemerintah yang dituangkan ke dalam Undang-Undang Perlindungan Anak (UU RI
No. 23 Tahun 2002) tentang hak-hak anak yang harus dipenuhi, akan tetapi pada
kenyataannya di lapangan masih banyak fenomena yang menunjukkan kurang
terpenuhinya hak-hak anak, yaitu perlakuan yang diberikan kepada anak yang
cenderung belum sesuai dengan amanat UU RI No. 23 Tahun 2002. Hal tersebut
dapat berdampak terhadap rendahnya kualitas karakter Islami anak, karena
kurangnya perhatian terhadap perkembangan anak. Berawal dari masalah tersebut,
maka pada saat ini pemerintah mulai mensosialisasikan pentingnya pendidikan
anak usia dini, sebagai salah satu upaya pembentukan karakter pada anak. Dari
situlah, maka peneliti bermaksud ingin mengukur seberapa besar tingkat
efektivitas pendidikan nilai yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini dalam
pembentukan karakter Islami anak, mengingat bahwa anak merupakan cikal bakal
generasi penerus bangsa.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan
pendekatan evaluatif deskriptif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode wawancara terstruktur maupun tidak terstruktur,
dokumentasi, dan observasi non partisipan dengan sumber penelitian di Kelompok
Bermain Budi Mulia Dua Terban. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah
siswa KB Budi Mulia Dua Terban usia 3-4 tahun, pengelola PAUD Terpadu Budi
Mulia Dua Terban, Kepala KB Budi Mulia Dua Terban, guru KB Budi Mulia Dua
Terban, dan orang tua siswa KB Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. Pelaksanaan pendidikan
nilai di KB Budi Mulia Dua Terban dilaksanakan dengan sistem pembelajaran
sentra yaitu sentra balok, sentra imtaq, sentra peran, sentra bahan alam, dan sentra
seni dengan perencanaan pembelajaran berupa rencana kegiatan harian (RKH).
Pelaksanaan pembelajaran dan pendidikan nilai dengan cara menerapkan konsep
penanaman nilai-nilai melalui pembiasaan, keteladanan, berbagai permainan, lagu,
dan cerita. 2. Keefektifan pendidikan nilai anak usia dini dalam pembentukan
karakter Islami anak adalah sebagai berikut: a. Pada evaluasi context dinilai cukup
efektif, dilihat dari kesesuaian antara visi dan misi lembaga yang mengutamakan
penanaman nilai-nilai karakter mulia berdasarkan Permendiknas No. 58 Tahun
2009, b. Pada evaluasi input dinilai efektif, dilihat dari kualifikasi pendidik,
kurikulum pendidikan yang termuat dalam rencana kegiatan harian (RKH), dan
penataan ruang belajar dan sarana prasarana yang mendukung pembentukan
karakter Islami anak, c. Pada evaluasi process dinilai sangat efektif, dilihat dari
proses pelaksanaan pendidikan nilai dengan pendekatan pendidikan nilai yang
dikembangkan pada setiap sentra pembelajaran, d. Pada evaluasi product dinilai
sangat efektif, dilihat dari karakter-karakter Islami anak yang terbentuk, yang
sesuai dengan indikator berdasarkan Permendiknas No. 58 Tahun 2009.