Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LAELA CHOIRUNNISA OCTAVIANI, NIM. 08670036
Subject
Pendidikan Kimia
Datestamp
2016-02-19 07:21:38
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap
pada pembelajaran kimia materi pokok asam basa dan koloid yang dapat
digunakan sebagai alternatif instrumen untuk menilai sikap pada pembelajaran
kimia materi pokok asam basa dan koloid. Karakteristik produk instrumen
penilaian sikap ini ditinjau dari aspek validitas, daya diskriminasi item/butir,
reliabilitas, konstruksi, keterbacaan, kebahasaan, praktikabilitas, dan ekonomis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model
prosedural melalui empat langkah utama, yakni analisis produk, mengembangkan
produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi produk. Tahap analisis
produk yang akan dikembangkan meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur.
Tahap mengembangkan produk awal berdasarkan studi literatur dan analisis
kebutuhan. Tahap uji coba dilakukan pada peserta didik dengan jumlah 79 orang.
Kualitas instrumen penilaian ini dilakukan melalui validasi ahli, analisis daya
diskriminasi item/butir, analisis reliabilitas dan penilaian oleh lima orang guru
kimia SMA/MA di Yogyakarta dan Bantul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap valid
secara isi dan konstruk, mempunyai daya beda diatas kriteria dan mempunyai
koefisien reliabilitas sebesar 0,958 untuk instrumen penilaian sikap dengan materi
pokok asam basa dan sebesar 0,966 untuk instrumen penilaian sikap dengan
materi pokok koloid. Penilaian oleh lima guru kimia menyatakan relevan dengan
persentase 80%. Sehingga produk instrumen penilaian sikap ini dapat digunakan
sebagai alternatif instrumen untuk menilai sikap peserta didik pada pembelajaran
kimia materi pokok asam basa dan koloid.
Kata kunci: penelitian pengembangan, instrumen penilaian, sikap, asam
basa, koloid.