Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NAILI HIKMAH, NIM. 08670033
Subject
Pendidikan Kimia
Datestamp
2016-02-19 07:44:24
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk
mengembangkan instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum kimia
SMA/MA kelas X semester genap, serta mengetahui kelayakan instrumen
penilaian aspek psikomotorik yang dikembangkan pada praktikum kimia
SMA/MA kelas X semester genap. Instrumen yang dikembangkan dalam
penelitian ini berupa panduan observasi pada praktikum, yaitu sebanyak 14
keterampilan kinerja pada paraktikum Daya Hantar Listrik pada Larutan dan 15
keterampilan kinerja pada praktikum Identifikasi Unsur C dan H dalam Senyawa
Karbon.
Instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum dikembangkan
melalui empat tahap, yaitu analisis produk yang dikembangkan, pengembangan
produk awal, validasi ahli, dan uji coba lapangan disertai penilaian guru.
Kelayakan instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum ditinjau dari
validitas teoritis, reliabilitas dan penilaian oleh guru. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini melalui observasi dan angket terbuka, dengan menggunakan
instrumen penelitian berupa lembar observasi (instrumen penilaian aspek
psikomotorik yang dikembangkan) dan lembar instrumen penilaian produk berupa
angket. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengolahan data validitas dan
realiabilitas instrumen, serta pengolahan data hasil penilaian guru.
Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa instrumen
penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria instrumen yang baik dari hasil
validitas teoritis, memiliki reliabilitas tinggi sebesar 0,89 pada paraktikum Daya
Hantar Lisrtrik pada Larutan dan 0,85 pada praktikum Identifikasi Unsur C dan H
dalam Senyawa Karbon, serta memenuhi kualitas sangat baik berdasarkan
penilaian 3 guru kimia SMA/MA dengan persentase keidealan sebesar 93,05%.
Sehingga dari hasil validitas teoritis, reliabilitas, dan penilaian, instrumen
penilaian yang dikembangkan dikategorikan memenuhi syarat sebagai instrumen
penilaian yang baik dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan
psikomotorik peserta didik.
Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Psikomotorik, Praktikum Kimia, Panduan
Observasi, Keterampilan Kinerja