Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NUR LAILA MILADIAH, NIM. 09470005
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2013-09-02 07:41:15
Abstract :
Nur Laila Miladiah. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kisah Nabi Yusuf
dalam Surat Yusuf. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013.
Latar belakang penelitian, adanya arus globalisasi yang ditandai dengan
kehidupan yang serba teknikal dan profesional, diramalkan banyak orang yang
mengabaikan dimensi moral dan agama dalam kehidupan. Masyarakat akan
bertumpu pada sendi-sendi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang seharusnya
diimbangi dengan moral dan religi, agar tidak melunturkan kerendahan hati
manusia. Setiap muncul problem dalam kehidupan bermasyarakat, obat penyembuhnya
diharapkan dari pendidikan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya pendidikan karakter
untuk menumbuhkembangkan sikap manusia agar menjadi lebih sempurna secara
moral dan menjadikan manusia berakhlak. Untuk itu hal yang dapat dilakukan
dalam Pendidikan Karakter adalah pengkajian nilai-nilai Pendidikan Karakter.
Karena karakter (akhlak) menempati kedudukan yang istimewa dan sangat
penting. Salah satu metode yang kreatif dan mudah diterima oleh masyarakat
yaitu metode bercerita. Suatu keteladanan mempunyai posisi yang tanpa disadari
mampu mempengaruhi jiwa seseorang. Apalagi kisah tersebut terkandung dalam
al-Qur’an, seperti Kisah Nabi Yusuf. Dalam surat tersebut diungkapkan mengenai
nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh Yusuf dan beberapa di dalamnya, seperti
saudara-saudara Yusuf, sang raja, istri raja, dan lainnya.
Penelitian ini dilihat dari jenisnya merupakan penelitian kepustakaan
(Library Research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan
filosofis (pemecahan masalah diselidiki secara rasional melalui penalaran yang
terarah) dan pedagogis (mencoba menjelaskan lebih rinci konsep yang ada dengan
menggunakan teori pendidikan, yakni menganalisa lebih dalam nilai-nilai
pendidikan karakter kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf). Sedangkan dalam
metode pengumpulan data adalah dengan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis).
Dalam hal ini penulis mengungkapkan tentang nilai-nilai pendidikan karakter
kisah Nabi Yusuf dalam Surat Yusuf, serta relevansinya dengan Tujuan
Pendidikan Nasional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Kisah Nabi Yusuf dalam
Surat Yusuf terkandung nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan dengan
tujuan Pendidikan Nasional. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut adalah nilai
religius, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai
prestasi, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Beberapa
nilai tersebut relevan dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu Takwa dan
beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri dan
bertanggung jawab.