Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ABDUL QODIR JAELANI , NIM. 08410050
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-01-24 06:59:44
Abstract :
Nilai-Nilai “Peace Education†dalam Buku
Materi Pendidikan Agama Islam SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya agama Islam
membawa misi sebagai rahmat bagi seluruh umat manusia, dan Pendidikan
Agama Islam merupakan upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Terjadinya
tindak kekerasan, anarkis, teror, dan juga tawuran pelajar mengindikasikan belum
terbentuknya budaya damai secara menyeluruh. Pendidikan merupakan andalan
untuk membentuk watak bangsa dan masyarakat berperadaban dan bermartabat
tinggi, dan PAI merupakan materi yang memungkinkan untuk mengajarkan nilainilai
perdamaian. Penelitian ini bertujuan
utuk mendiskripsikan dan menganalisis
nilai-nilai
peace education yang terdapat dalam buku materi PAI SMA dan
urgensi nilai-nilai peace education dalam pendidikan agama Islam SMA. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat mendorong para pendidik PAI untuk memberi
tekanan pada materi yang mengarah pada perdamaian dan penanaman nilai
perdamaian secara lebih mendalam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research),
dengan pendekatan hermeneutik. Pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Dalam hal ini peneliti mendiskripsikan tentang nilai-nilai peace education dalam
buku materi PAI SMA kemudian menafsirkan dan mencari urgensinya dalam
PAI.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam buku materi Pendidikan Agama
Islam SMA terdapat nilai-nilai pace education, nilai-nilai tersebut antara lain:
nilai cinta (love), rasa belas kasih (compassion), keharmonisan (harmony), nilai
toleransi (tolerance), peduli dan berbagi (caring and sharing), saling
ketergantungan (interdependence), empati (empathy), spiritual (spirituality), dan
rasa terima kasih (gratitude). 2) Nilai-nilai peace education memiliki urgensi
dalam Pendidikan Agama Islam SMA sebagai upaya pembetukan akhlak mulia,
keadilan, toleransi, dan keharmonisan pribadi maupun sosial yang mengarah pada
pembentukan budaya damai. Pendidikan Agama Islam memiliki potensi strategis
dalam mengaktualisasikan nilai-nilai peace education.