DETAIL DOCUMENT
Penerapan pembelajaran literasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Al Fattah Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Ramadani, Jehan Syah Fitri
Subject
Pendidikan Islam 
Datestamp
2022-12-26 07:58:19 
Abstract :
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan penerapan pembelajaran literasi terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Al Fattah Sidoarjo. Budaya literasi merupakan kebiasaan berpikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca-menulis yang pada akhirnya akan mengarah kepada cara berpikir kritis, cara pemecahan masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan penciptaan suatu karya. Budaya literasi dapat tumbuh karena di dalam kegiatan pembelajaran Peserta didik diajak untuk menulis apa yang ia lihat, dengar, dan pikirkan sehingga muncul ide-ide yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi bentuk literasi yang lebih tinggi. Adapun yang melatar belakangi penulis untuk membuat skripsi ini didasarkan pada pengamatan dan wawancara awal yang dilakukan penulis dengan salah satu guru PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMP Al Fattah. Yang mana guru sudah menerapkan pembelajaran literasi seperti meminta Peserta didik mendengarkan, menulis, berfikir kritis akan tetapi hasil yang diharapkan tidak sesuai. Metode Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi lapangan yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran literasi terhadap peningkatan pemahaman peserrta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa pembelajaran literasi masih berada ditahap kedua yaitu membaca dan menulis. penerapan literasi yang ada di SMP Al Fattah juga kurang sesuai dengan tuntunan yang ada di dalam buku pedoman GLN (Gerakan Literasi Nasional) dan GLNB (Gerakan Literasi Nasional Bangsa). Faktor pendukung penerapan literasi pada mata pelajaran PAI yaitu kemampuan Ibu Ivanna dalam memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran sehingga Peserta didik dapat memiliki 4 (empat) aspek keterampilan literasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pendampingan dari guru, kurangnya buku non pelajaran dan rasa malas pada diri peserta didik 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL