DETAIL DOCUMENT
Analisis kesalahan siswa kelas akselerasi dalam menyelesaikan soal statistika menurut kriteria Watson dengan pemberian scaffolding
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Ristiana, Osa
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2023-01-11 02:08:57 
Abstract :
Kesalahan peserta didik menurut kriteria Watson dibagi menjadi 8 kategori yaitu data tidak tepat (inappropriate data), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure), data hilang (ommited data), kesimpulan hilang (omitted conclusion), konflik level respon (response level conflict), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation), masalah hirarki keterampilan (skills herarchy problem) dan selain ketujuh kategori yang disebutkan (above other). Setiap peserta didik mempunyai cara yang berbeda dalam menangkap dan mengolah informasi sehingga peserta didik memiliki jenis kesalahan yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan peserta didik kelas akselerasi dalam menyelesaikan soal Statistika menurut kriteria Watson beserta Scaffolding yang tepat untuk meminimalisir kesalahan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga peserta didik dengan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada kelas VIII-A Akselerasi SMPN 1 Krian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) jenis kesalahan peserta didik yang paling sering dilakukan dalam menyelesaikan soal Statistika adalah kesalahan prosedur tidak tepat, masalah hirarki keterampilan, konflik level respon dan data hilang. (2) bentuk scaffolding yang diberikan dalam mengatasi kesalahan prosedur tidak tepat adalah reviewing, untuk kesalahan masalah hirarki keterampilan adalah restructuring, untuk kesalahan konflik level respon adalah restructuring dan untuk kesalahan data hilang adalah restructuring. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL