Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pelatihan dan pengembangan organisasi IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Ngoro di Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Kemudian, teknik pengumpulan data menggunakan cara triangulasi data. Cara tersebut dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Konsep pelatihan yang dilaksanakan oleh IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto untuk para kader dan anggotanya, yakni pelatihan formal dan non formal. 2) Konsep pengembangan yang dilaksanakan oleh IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto untuk para kader dan anggotanya, meliputi: Strategi dalam pemetaan anggota atau kader dalam upaya pengkaderan dalam ruang lingkup IPPNU, Penguatan kelembagaan, Penataan infrastruktur kepengurusan, Kegiatan FGD (focus group discussion) dan Pengembangan dari segi minat dan bakat atau potensi pada kader IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto. 3) Hambatan yang dialami dalam pelatihan untuk anggota dan kader PAC IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto memiliki 2 faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal anggota dan kader. 4) Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan menemukan fakta di lapangan, bahwa hambatan yang dialami dalam konsep pengembangan anggota dan kader IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto yakni, a) kurangnya kegiatan evaluasi serta komunikai antara pengurus PAC IPPNU dengan rantingnya, b) pengaruh lingkungan tempat tinggal, c) motivasi dari lingkungan, minat serta kiat yang ada dalam pribadi kader dan anggota IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto.