Abstract :
Meningkatnya minat belajar kemahiran bahasa Inggris di kalangan siswa telah mendorong mereka untuk belajar keterampilan berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Namun, sebagian besar dari mereka masih cenderung mengutamakan keterampilan berbicara, menulis, dan membaca karena mereka cenderung berpikir bahwa ketiga keterampilan-keterampilan Bahasa Inggris tersebut membutuhkan perhatian yang lebih besar daripada keterampilan mendengarkan sehingga keterampilan mendengarkan mereka umumnya rendah. Untungnya, kemajuan teknologi telah membawa lagu berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar keterampilan mendengarkan secara mandiri. Dalam menguasai keterampilan mendengarkan, tiga strategi mendengarkan, seperti metakognitif, kognitif, dan sosio/afektif, dapat diterapkan selama latihan keterampilan mendengarkan dengan menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris secara mandiri. Dengan demikian, penelitian ini bermaksud untuk menjawab pertanyaan penelitian berikut: 1) Bagaimana strategi siswa kelas VIII dalam menggunakan lagu berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran mandiri keterampilan menyimak di SMP Negeri 3 Waru?, 2) Bagaimana persepsi siswa penggunaan lagu berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran mandiri keterampilan menyimak di SMP Negeri 3 Waru?. Studi survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 32 siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Waru sebagai peserta penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa lebih suka memainkan lagu berbahasa Inggris dua kali ketika mereka mengalami kesulitan dalam memahami makna lirik lagu, menggunakan strategi menebak untuk memahami makna lirik lagu berdasarkan kata-kata yang mereka ketahui, dan memotivasi diri mereka sendiri melalui pembicaraan diri secara positif ketika belajar keterampilan mendengarkan dengan menggunakan lagu berbahasa Inggris secara mandiri. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa setuju bahwa mendengarkan lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar keterampilan mendengarkan secara mandiri. Selain itu, hampir semua siswa menerima sebagai benar jika mereka dapat menemukan kosa kata baru melalui belajar mendengarkan dengan menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris. Temuan penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa untuk menemukan cara belajar keterampilan mendengarkan. Ini juga mempromosikan penggunaan lagu berbahasa Inggris untuk memfasilitasi keterampilan mendengarkan siswa, baik di kelas mendengarkan maupun dalam pembelajaran mandiri.