Abstract :
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian, maka dirumuskan beberapa permasalahan antara lain: (1) Bagaimana strategi kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Madinatul Ulum Mojokrapak Jombang dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional? (2) Bagaimana keberhasilan strategi kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Madinatul Ulum Mojokrapak Jombang dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional? (3) Apa faktor pendukung strategi kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Madinatul Ulum Mojokrapak Jombang dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional?
Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk analisanya menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Strategi kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Madinatul Ulum Mojokrapak Jombang dalam mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional adalah mengadakan jam tambahan (les), mengadakan try out, mengevaluasi soal-soal ujian 3 tahun sebelumnya, bekerjasama dengan orangtua wali, dan mengadakan kegiatan agama (istighosah, ziarah wali, dan sholat dhuha) dan motivasi. Faktor pendukung yaitu: Sarana kelengkapan pembelajaran dan pembelajaran yang menyenangkan, Guru yang berpengalaman, professional, sesuai dengan bidang studi yang diajarkan, Memberikan tugas setiap kali pertemuan untuk membiasakan diri siswa supaya gemar membaca dengan kreatifitas adanya suatu pembahasan-pembahasan yang baru, memberikan cara-cara belajar yang baik, dan pertemuan dewan guru mengenai pembahasan menghadapi ujian nasional. Faktor penghambat yaitu: kondisi siswa yang hitrogen, kondisi lingkungan yang banyak hiburan sehingga siswa malas untuk belajar, kurangnya dukungandari orang tua.