DETAIL DOCUMENT
Identifikasi struktur kognitif siswa dalam memahami konsep limit fungsi
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Minanur Rohman (STUDENT ID : --)
Subject
Matematika 
Datestamp
2018-03-15 02:33:51 
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap struktur kognitif siswa dalam memahami konsep limit yang sudah dipelajarinya. Kuesioner yang dibagikan kepada 37 siswa kelas XI4 IPA SMAN 4 Sidoarjo selain bertujuan untuk melihat bagaimana pemahaman konsep limit fungsi siswa-siswa tersebut, juga bertujuan untuk memilih 9 siswa yang diharapkan berada pada setiap level pemahaman dalam teori Skemp. Dari hasil diskusi peneliti dengan guru bidang studi matematika kelas XI4 IPA, kesembilan siswa tersebut direduksi menjadi 3 siswa yang diharapkan mewakili masing-masing tahapan pemahaman Skemp. Selanjutnya ketiga siswa tersebut diwawancarai secara depth interview untuk melihat bagaimana struktur kognitif siswa tersebut memahami konsep limit fungsi. Struktur kognitif tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode genetic decomposition, dengan tujuan untuk melihat tingkatan struktur kognitif siswa yang berkaitan dengan konsep limit tersebut dalam beberapa teori kognitif domain. Kemudian dengan menggunakan metode Patrick Barmby akan dilihat tingkat pemahaman konsep limit siswa menurut teori pemahaman Skemp. Berdasarkan penelitian ini, banyak siswa yang belum memahami hakikat dari konsep limit. Mereka banyak membuat kesalahan, baik dalam definsi limit itu sendiri, ataupun kesalahan dalam membuat hubungan antara konsep limit dan konsep fungsi. Tiga siswa yang menjadi subjek penelitian ini juga melakukan kesalahan yang serupa. Struktur kognitif yang mereka miliki masih perlu melakukan abstraksi lebih jauh tentang konsep limit fungsi, sehingga pemahaman konsep limit fungsi ke3 siswa tersebut menjadi lebih baik. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL