DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN METODE COUNSELING LEARNING (PELAJARAN PENYULUHAN) TERHADAP HASIL DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS DUA MAN SIDOARJO
Total View This Week1
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Ainiyah, Qurrotul
Subject
Metode 
Datestamp
2015-04-09 07:45:10 
Abstract :
Bahasa arab adalah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari, dengan demikian kita akan lebih mudah memahami ajaran pokok yang terkandung alam al Quran. Untuk mendapatkan kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa arab dibutuhkan metode pembelajaran yang relevan dengan kemampuan mereka. Salah satu metode yang dianggap menarik dalam belajar bahasa arab adalah metode Counseling Learning (pelajaran penyuluhan). Metode ini merupakan suatu cara pembelajaran yang mana siswa dituntut untuk berbicara secara bebas sesuai keinginan mereka dan juga melatih siswa untuk mandiri, karena dalam pembelajaran ini guru hanya memberikan sebuah tema yang kemudian murid berbicara sesuai dengan tema tersebut secara berkelompok dan bergiliran sekaligus juga didokumentasikan berupa rekaman dari apa yang mereka bicarakan. jika ketika berbicara murid membutuhkan jawaban dari apa yang diinginkan maka guru menunjukkanya. Disamping itu, metode ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian serta mengetahui hasil kemampuan keterampilan berbicara siswa. Dan yang paling menarik adalah dalam evaluasinya yaitu dengan adanya pamutaran ulang hasil rekaman tentang apa yang dibicarkan oleh siswa, tidak hanya itu, ketika mereka mendengarkan hasil rekaman masing masing kelompok menulis apa yang mereka bicarkan, setelah itu diberikan kepada guru dan guru membacakanya didepan semus siswa sekaligus juga memberi penguatan tentang apa yang akan harus mereka pelajari, baik dari segi Qowaild, khot dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Counseling Learning (pelajaran penyuluhan)dan hasil dalam keterampilan berbicara siswa kelas dua di MAN Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, tes dan dokumentasi dengan mengambil 35 siswa kelas dua IPS I sebagai sampelnya. Untuk dapat menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka digunakan rumus Product Moment dan Uji T. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL