Abstract :
Dalam penelitian ini penulis berusaha meneliti bagaimana pelaksanaan strategi Siyaq dalam menyampaikan mufrodat baru di Madrasah Tsanawiyah ASSALAM Tuban serta adakah pengaruh penggunaan strategi Siyaq terhadap peningkatan maharoh kalam siswa.
Strategi ini dapat membantu seorang guru dalam menerangkan makna mufrodat dengan tanpa menerjemah. Karena dalam pengajaran Bahasa Arab guru harus menghindari menerjemah kata-kata ke dalam bahasa ibu agar anak didik terbiasa mendengarkan dan mengucapkan secara langsung sehingga kata-kata tersebut melekat ke otak siswa. Siswa dikatakan mampu menguasai mufrodat jika di samping bisa menerjemahkan bentuk-bentuk mufrodat juga mampu menggunakannya dalam kalimat dengan benar.jadi, dalam praktiknya setelah siswa memahami kosakata kemudian mereka diajari untuk menggunakannya baik dalam bentuk tulisan maupun ucapan.
Pada hakikatnya, kemahiran berbicara merupakan kemahiran menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Dalam hal ini, kemahiran ini dikaitkan pada pikiran dan perasaan dengan kata-kata dan kalimat yang benar dan tepat. Maka hubungan antara penerapan strategi ini dan maharoh kalam adalah penting untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan menguasai banyak mufrodat.