Abstract :
Salah satu permainan bahasa yang dianggap menarik dalam belajar bahasa Arab adalah Puzzle bergambar. Permainan ini merupakan suatu cara pembelajaran yang mewajibkan siswa untuk belajar banyak bicara dan banyak kosakata. Disamping itu siswa akan lebih semangat, saling mengenal antara lainnya serta meningkatkan ketrampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dengan menggunakan puzzle bergambar pada siswa kelas XI BHS di MAN Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pre tes dan pos tes dengan observasi, angket, dokumentasi. Pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan puzzle bergambar ini mendapat sambutan baik dari siswa siswi kelas XI BHS. Namun disisi lain sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan kosa kata yang berhubungan dengan materi, agar siswa tidak menanyakan terus menerus disaat siswa sudah mulai berlatih untuk berbicara.