Abstract :
Dalam pembelajaran bahasa Arab dibutuhkan bahan ajar atau buku yang relevan agar siswa dapat menguasai bahasa Arab secara sempurna. materi ajar merupakan salahsatu aspek yang sangat penting dan memiliki peranan serta andil tersendiri dalam proses belajar mengajar. tidak hanya berkaitan khusus dengan pengetahuan tapi juga dengan memperoleh pola fikir serta retorika yang digunakan di dalamnya. Semua ini berpengaruh dengan peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan buku kitab Muhawarah Al haditsah dengan media kartu kunci untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Al Fatah Badas Kediri.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Peneliti memperhatikan dan membandingkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Arab, sebelum dan sesudah diterapkannya bahasa Arab dengan menggunakan materi dari buku Muhawarah Al haditsah serta untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, angket dan tes dengan mengambil 48 siswa sebagai sampelnya.untuk dapat menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka digunakan rumus prosentase dan t test.