Abstract :
Metode pengajaran yang dapat diterapkan untuk mengajar bahasa baik bahasa Asing atau Bahasa Arab dalam sebuah kelas dapat bermacam-macam, namun terkadang sulit untuk menentukan mana yang terbaik untuk diterapkan bagi kelas tertentu. Misalnya, apakah seluruh siswa harus belajar bersama, dibagi dalam beberapa kelompok atau lebih baik mereka belajar sendiri. Dengan menggunakan laboratorium bahasa, semua permasalahan tersebut dapat teratasi, karena dalam sebuah kelas laboratorium bahasa semua metode pengajaran dapat dilaksanakan dengan efektif dan efesien.
Mengingat pentingnya fungsi laboratorium bahasa dalam program pengajaran bahasa asing dengan adanya nilai tambah seperti yang telah diuraikan diatas, maka alangkah baiknya jika sekolah atau instansi/perusahaan/departemen untuk memiliki fasilitas laboratorium bahasa.
Dengan adanya fasilitas laboratorium bahasa ini, diharapkan program pengajaran bahasa asing akan menjadi semakin baik, sehingga setiap institusi/lembaga pendidikan dapat mencetak lulusan-lulusan yang siap menghadapi persaingan pasar kerja global dengan bermodalkan penguasaan bahasa asing dan nasional yang baik.
maka penelitian ini membahas masalah berikut:
1. Cara menggunakan lab bahasa dalam pengajaran bahasa Arab
2. Bagaimana keterampilan mendengarkan dalam mengajar bahasa
3. Bagaimana dampak dari penggunaan laboratorium bahasa untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dalam pendidikan Bahasa.