DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) BERKARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BINA BANGSA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Marhadi, Yunus
Subject
Kurikulum 
Datestamp
2015-04-16 02:08:49 
Abstract :
Berdasarkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan kurikulum yang terintegrasi nilai-nilai karakter. Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan). SMP Bina Bangsa adalah salah satu sekolah swasta di Surabaya. Sekolah yang beralamatkan di Jl. Siwalankerto Utara II Surabaya ini adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang terintegrasi nilai-nilai karakter. Dalam perapan nilai-nilai karakter SMP Bina Bangsa berusaha semaksimal mungkin dapat dilaksanakan oleh warga sekolah dalam kehidupan sekolah dan kesehariannya. Dalam penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berkarakter Dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode intervew, observasi, dan documentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. Dari hasil analisis dibuktikan bahwa pelaksanaan KTSP Berkarakter sebagian besar berjalan dengan baik meskipun ada hambatan dan kekurangan. Dalam pelajaran PAI juga sudah terintegrasi nilai-nilai karakter. Hal ini ditunjukkan dengan adanya silabus dan RPP yang sudah mengandung nilai-nilai karakter. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL