Abstract :
Penulis memilih judul tersebut berdasarkan bahwa membaca merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab, karena keterampilan membaca tidak semudah mempelajari materi-materi bahasa Arab yang lainnya. Dalam skripsi ini membahas tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya pada pembelajaran qiroah.
Di angkatnya metode ini oleh penulis karena metode ini adalah metode yang sangat mudah bagi pembelajaran bahasa kedua seperti bahasa Arab, kita ketahui bahwa dewasa ini pembelajaran bahasa Arab dianggap remeh oleh siswa, oleh karena itu seorang guru harus memiliki wawasan baru dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kompetensi siswa khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam hal ini penulis mencoba menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite, Review.
Adapun masalah yang dibahas dalam skripsi ini :
1.Bagaimana penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di MA. Walisongo Mojokerto.
2.Bagaimana efektifitas penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di MA. Walisongo Mojokerto.
3.Bagaimana kemampuan membaca siswa di MA. Walisongo Mojokerto.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena penelitian ini merupakan analisis statistik, untuk mengumpulkan data diperlukan instrumen, metode yang dipakai penulis untuk penelitian adalah : Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Tes dan Angket.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis T Test. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan :
Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam mengajar membaca berjalan dengan baik. Karena membaca mempunyai peran penting dalam pembelajaran bahasa Arab siswa.