Abstract :
Salah satu permainan bahasa yang dianggap menarik dalam belajar bahasa Arab adalah Filter Funnel. Permainan ini merupakan suatu pembelajaran yang mewajibkan siswa untuk belajar banyak menguasai kosakata dengan cara menyaring kalimat atau paragraph untuk dapat menemukan inti kalimat. Sehingga siswa akan lebih semangat, saling berkompetisi untuk lebih memahami suatu bacaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran keterampilan memahami bacaan bahasa Arab dengan menggunakan permaianan Filter Funnel pada siswa kelas VIII A di SMP Al Wahid Rungkut.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pre tes dan pos tes, observasi, angket, serta dokumentasi. Pembelajaran dengan menggunakan metode permainan Filter Funnel ini mendapat sambutan baik dari siswa siswi kelas VIII A SMP Al Wahid. Dalam pembelajaran dengan permaianan ini sebaiknya guru memberikan reward pada siswa yang berani untuk maju di depan kelas, agar siswa yang lain bisa lebih termotivasi dan terlatih untuk berani berkompetesi dengan temannya dalam belajar bahasa Arab