Abstract :
Telah kita ketahui bersama bahwa profesionalisme bahasa arab tidaklah mudah sebab membutuhkan teknik pembelajaran bahasa arab yang membuat para peserta didik senang dan tidak bosan, yakni teknik yang tepat untuk memperoleh tujuan pembelajaran bahsa arab secara aktif, selain pentransferan pelajaran bahasa arab kepada para peserta didik untuk memahami berbagai pelajaran bahasa arab. Teknik permainan Back of Back merupakan teknik yang dilakukan antara teman dengan teman lainnya bahwa peserta didik bekerja dengan teman-teman mereka dalam suasana gotong royong yang memiliki banyak kesempatan untuk pengolahan informasi dan efesiensi pertanyaan, dan juga sarana untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengarkan berdasarkan komponen dasar pembelajaran yang efektif dan mandiri.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dengan menggunakan teknik permaianan Back of Back pada siswa kelas VIII E di MTsN Junwangi Krian Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pre tes dan pos tes, observasi, angket, serta dokumentasi. Pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan teknik permainan Back of Back ini mendapat sambutan baik dari peserta didik kelas VIII E di MTsN Junwangi Krian Sidoarjo.