Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi evaluasi nontes dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor ; 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi evaluasi nontes dalam pembelajaran akidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis non statistik, yaitu menggunakan analisis deskriptif, bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi Nontes merupakan penilaian hasil belajar yang nampak pada berbagai tingkah laku siswa. Implementasi evaluasi nontes pada pembelajaran akidah akhlak di MI Bahrul Ulum Becirongengor dapat dilihat dari perhatian siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam, misalnya akidah akhlak, kedisiplinan dalam mengikuti pelajaran agama di sekolah, motivasinya yang tinggi untuk mengetahui lebih banyak mengenai pelajaran agama Islam yang diterimanya, penghargaan atau rasa hormatnya terhadap guru agama pendidikan agama Islam dan lain sebagainya.