Abstract :
Skripsi ini berjudul efektifitas Strategi active learning type information search dalam meningkatkan maharoh qiroah siswa kelas VII MTs zainul hasan genggong probolinggo. Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa arab adalah strategi information search atau mencari informasi. Strategi ini digunakan untuk membantu peserta didik memahami materi materi yang dianggap membosankan karena strategi ini tidak hanya terpaku pada buku panduan di kelas dan bisa memanfaatkan media yang ada seperti internet dan perpustakaan. Dengan diterapkan strategi tersebut, diharapkan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan dan siswa mampu memahami materi pelajaran yang telah diajarkan karena dalam penggunaan strategi tersebut, siswa juga ikut berperan aktif atas dorongan inilah, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di MTs zainul hasan genggong probolinggo untuk menguji sejauh mana keefektifan strategi ini dalam meningkatkan kemampuan siswa khususnya dalam membaca bahasa arab. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain 1. bagaimana penerapan strategi information search di kelas VII MTs zainul hasan genggong probolinggo. 2. Bagaimana kemampuan membaca bahasa arab siswa di kelas VII MTs zainul hasan genggong probolinggo . 3. bagaimana efektifitas Strategi active learning type information search dalam meningkatkan maharoh qiroah siswa kelas VII MTs zainul hasan genggong probolinggo.
Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah Observasi, Interview, angket, test, dan dokumentasi dengan mengambil 30 siswa kelas VII sebagai samplenya. Untuk menyimpulkan hasil yang dikehendaki maka digunakan rumus prosentase dan paired samples t tes. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi information search atau mencari informasi di MTs zainul hasan genggong probolinggo termasuk baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan guru dan angket. Demikian juga dari hasil angket menunjukkan bahwa keterampilan membaca bahasa arab siswa termasuk meningkat dengan baik. Analisa statistik didapat bahwa kemampuan siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan strategi information search terdapat perbedaan yang cukup signifikan hal ini dapat dilihat dari angka selisih nilai siswa yang menunjukkan sebesar 10,418.