DETAIL DOCUMENT
FA ALIYYAH ISTIKHDAM THARIQAH TAKBIR AL ARA AL RAISIYYAH LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM LI THULLAB AL FASHL AL SABIK FI AL MADRASAH AL MUTAWASSITHOH BUSTANUL ULUM SUMBERKARANG DLANGGU MOJOKERTO
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Aliyah, Rohmatul
Subject
Bahasa Arab 
Datestamp
2015-04-02 02:46:39 
Abstract :
Terpilihnya judul tersebut didasari atas asumsi peneliti bahwa bahasa Arab merupakan materi yang diajarkan di madrasah-madrasah atau di sekolah sekolah Islam yang didalamnya terdapat aspek berbicara atau kemampuan berbicara siswa yang di dalam pembelajaran bahasa Arab disebut Maharah al Kalam. Sedangkan proses pembelajaranya bukanlah hal yang mudah karena bahasa Arab mempunyai unsur unsur yang banyak dan sekaligus mempunyai keterkaitan yang sangat erat, diantaranya percakapan, mufradat, qowaid, kelancaran dalam mengucapkan sehingga hampir setiap siswa mengalami kesulitan, tidak terkecuali pada siswa siswi MTs. Bustanul Ulum Sumberkarang Dlanggu Mojokerto. Oleh karena itu tujuan penyusunan skripsi ini adalah ingin menawarkan metode pembelajaran yang dianggap baru oleh guru bahasa Arab di MTs. Bustanul Ulum Sumberkarang Dlanggu Mojokerto yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran bahasa Arab Takbir al Ara al Raisiyyah. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas & penyajian media tersebut dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs. Bustanul Ulum Sumberkarang Dlanggu Mojokerto. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan rumus statistik Test T dengan membandingkan data yang ada pada kelas eksperimen dengan adanya ujian Pre Test dan Post Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab Takbir al Ara al Raisiyyah dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisa statistik yang di dapatkan dari kedua variabel dengan menunjukkan angka. Dan juga menunjukkan bahwa proses pembelajaran Maharah al Kalam di sekolah tersebut berjalan cukup baik dan mendapat respon yang cukup tinggi dari siswa-siswi. Disamping itu, siswa siswi merasa lebih mudah, santai dan enak dalam belajar berbicara bahasa Arab. Mereka merasa termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Karena dengan media tersebut mereka juga merasa terbimbing dalam berbicara bahasa Arab. Di karenakan penelitian ini masih bersifat uji coba maka diperlukan pengkajian yang lebih mendalam lagi oleh peneliti-peneliti lain sehingga dapat diketahui lebih lanjut tentang keunggulan keunggulan dari penggunaan metode pembelajaran ini 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL