DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN METODE ARTIKULASI DI SD DARUL ULUM BUNGU RASIH SIDOARJO
Total View This Week4
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Baihaqi, Imron
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2015-04-08 04:39:43 
Abstract :
Berdasarkan observasi peneliti yang dilakukan di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo, selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran SKI adalah metode ceramah dan bercerita. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam pembelajaran SKI, sehingga siswa cenderung kurang semangat dalam pembelajaran. Maka dari itu dibutuhkan suatu metode baru dalam pembelajaran SKI yang dapat membatu siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan mengunakan metode artikulasi ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI kelas IV di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : 1) Menerapkan metode artikulasi dalam pembelajaran yang bisa memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. 2) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis dan MC Tanggart yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberhasilan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode artikulasi, yaitu ditunjukkan dengan adanya perubahan motivasi belajar yang dapat dilihat berdasarkan perolehan jumlah skor angket motivasi yaitu 51, 17% pada siklus I, dan meningkat menjadi 85,0% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa yang lain, para tenaga pengajar, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL