DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA SISWA (STUDENTS PERFORMANCE ASSESSMENT) DALAM MENEMUKAN RUMUS PYTHAGORAS
Total View This Week8
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Rakhmawati, Esa
Subject
Matematika 
Datestamp
2015-04-04 04:53:12 
Abstract :
Untuk menghindari pembelajaran yang konvensional, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sehingga siswa tidak hanya menguasai sejumlah materi pelajaran, tetapi mereka berperan mengembangkan gagasan dan ide-ide berdasar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui kapabilitas siswa dalam pembelajaran matematika, maka peneliti menggunakan alternatif bentuk penilaian yang tepat dengan tujuan tersebut adalah penilaian kinerja yang dapat membantu siswa mengaitkan konten pelajaran dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap penerapan (implementasi), dan tahap evaluasi (evaluation). Namun pengembangan penelitian kinerja dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap penerapan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan penilaian kinerja (performance assessment) untuk menemukan rumus pythagoras pada materi menggunakan rumus pythagoras dalam memecahkan masalah. Penilaian kinerja yang berupa tugas kinerja dinilai berdasarkan kriteria valid yang dinyatakan dalam lembar validasi yang diisi oleh validator yang kompeten. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tugas kinerja, lembar validasi tugas kinerja, lembar analisis tugas kinerja, dan lembar tes hasil belajar siswa. Perangkat ini diujicobakan secara terbatas pada 26 siswa kelas VIII C SMPN 1 Mojokerto Tahun Pelajaran 2012-2013. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut: penilaian kinerja yang dikembangkan menjadi tiga bentuk tugas kinerja mendapat penilaian dengan kategori sangat valid, dengan rata-rata total penilaian sebesar 4,20. Masing-masing tugas kinerja dinilai praktis oleh para ahli. Dalam penerapan yang dilakukan mampu menilai bagaimana keterlibatan siswa secara langsung dalam mengikuti proses menyelesaikan tugas kinerja yang telah diberikan. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL