DETAIL DOCUMENT
Penggunaan strategi ekspositori dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus (slow learner) pada mata pelajaran Fiqih kelas VIIdi MTs Wachid Hasyim Surabaya
Total View This Week3
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Novilia Sutanti (STUDENT ID : noviliasutanti_091116@yahoo.co)
Subject
Strategi Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-04-12 03:37:24 
Abstract :
Pembelajaran Fiqih penting dalam kehidupan, maka seorang pendidik dituntut untuk mampu menjelakan dengan baik. Memilih strategi serta metode yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik terutama anak lamban belajar .Penelitian ini betujuan untuk menjawab rumusan masalah:(1) Bagaiman penggunaan strategi ekspositori dalam kegiatan pembelajaran Fiqih kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya?,(2)Bagaimana anak lamban belajar (slow learner) kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya?,(3)Bagaimana penggunaan strategi ekspositori dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus ( slow learner) pada mata pelajaran Fiqih kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Anak lamban belajar (slow learner) kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya tergolong anak lamban belajar yang keterbatasan kapasitas kognitif,(2) Penggunaan strategi ekspositori dalam pembelajaran Fiqih kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya sudah baik. Namun guru tidak pure menggunakan strategi ekspositori , (3) Dalam proses pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori berhasil meningkatkan pemahaman anak lamban belajar dalam pelajaran Fiqih. Hal ini didukung dengan penggunaan strategi tambahan yaitu strategi cooperative learning. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL