DETAIL DOCUMENT
Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap Displaced Children (anak terlantar): studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan Surabaya
Total View This Week29
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Rika Nur Fadlilah (STUDENT ID : rikanurfa97@gmail.com)
Subject
Pendidikan Islam 
Datestamp
2019-04-12 07:10:48 
Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya sarana pendidikan pada anak terlantar yang mampu mewadahi potensi dan minat bakat anak. Maka dalam hal ini sarana pedidikan tersebut mampu menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam yang sesuai dengan al-Qur’an dan as-Sunnah melalui serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk pembentukan akhlakul karimah. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. (2) Bagaimana kondisi displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang diterapkan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan, (2) Mendeskripsikan kondisi displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan, (3) Mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan ialah nilai aqidah, nilai syariah, dan nilai akhlak (2) Kondisi displacedchildren (Anak Terlantar) dapat diketahui dari faktor keluarga, faktor pendidikan, faktor sosial ekonomi dan faktor kesehatan. (3) Dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap displaced children (anak terlantar) menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode perumpamaan, metode kisah-kisah, metode hukuman serta metode nasihat. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL