Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Mustafida, Dewi Mahsunatul h
Subject
Pendidikan
Datestamp
2015-02-06 09:10:28
Abstract :
vi
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN
PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN SISWA DENGAN
PENDEKATAN KONVENSIONAL YANG MEMPERHATIKAN
METAKOGNISI SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI
KELAS VII SMP N 1 BUNGAH GRESIK.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: apakah terdapar perbedaan prestasi
belajar matematika antara siswa yang diberi pendekatan problem posing dengan
siswa yang diberi pendekatan konvensional? Apakah terdapat perbedaan prestasi
belajar antara siswa yang mempunyai metakognisi tinggi, sedang, dan rendah?
Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan metakognisi yang
dimiliki siswa? Serta bagaimanakah aktifitas dan respon siswa selama pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing?
Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian eksperimen dengan
mengambil populasi di SMP N 1 Bungah Gresik kelas VII, dengan sampel diambil
dengan acak (Random Sampling) yaitu kelas VII-A dan VII-B. penelitian ini
dilakukan dengan membandingkan dua kelas tersebut. Kelas VII-A dengan
pendekatan pembelajaran problem posing dan kelas VII-B dengan pendekatan
pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa
yang diberi pendekatan pembelajaran problem posing lebih tinggi dari pada siswa
yang diberi pendekatan pembelajaran konvensional.; (2) prestasi belajar matematika
siswa yang mempunyai metakognisi tinggi lebih tinggi bila dibandingkan dengan
siswa yang mempunyai metakognisi sedang dan rendah; (3) tidak terdapat interaksi
antara pendekatan pembelajaran dengan tingkatan metakognisi siswa; (4) aktifitas
belajar siswa cenderung lebih baik setelah pembelajaran dengan pendekatan problem
posing dilaksakan, dan siswa merespon positif terhadap pendekatan pembelajaran
tersebut.
Kata kunci : prestasi belajar, problem posing, metakognisi.