DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN BUKU MUHADATSAH YAUMIYAH WA AL-MUFRODAH AL-MADROSIYAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMP ULUL ALBAB TAMAN SIDOARJO
Total View This Week2
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
ZAINURI, MUHAMMAD
Subject
Bahasa Arab 
Datestamp
2015-02-11 05:08:22 
Abstract :
Skripsi Menerangkan tentang penggunaan buku Muhadatsah Yaumiyah wa Al-Mufrodah Al-Madrosiyah dan pengaruhnya terhadap kemampuan berbicara siswa SMP Ulul Albab Taman Sidoarjo. Buku sebagai salah satu media pembelajaran utama, tentu harus disiapkan secara baik, baik dari segi isi, penampilan, penulisan, dan lain sebagainya sampai pada tahap evaluasi. Selain itu guru/pengajar selaku fasilitator dalam sebuah pembejaran harus tahu bagaimana menyiapkan pembelajaran dengan sebaik-baiknya sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan mudah, dengan begitu tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik. Penggunaan buku sebagai media pembelajaran tentu harus memperhatikan aspek tujuan dari penggunaan buku tersebut. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian terhadap penggunaan buku Muhadatsah Yaumiyah wa Al-Mufrodah Al-Madrosiyah Yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang penulisan, materi yang disajikan, serta sejauh mana pengaruh penggunaannya terhadap peningkatan kemampuan berbahasa siswa terutama kemampuan berbicara siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sedangkan rumus yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku terhadap siswa adalah rumus t-test atau rumus tes t. Dengan membagi sampel penelitan ke dalam dua kelompok yaitu kelompok yang menggunakan buku Muhadatsah Yaumiyah wa Al-Mufrodah Al-Madrosiyah dan kelompok yang tidak menggunakan buku tersebut. Setelah dilakukan penelitian, penulis menemukan fakta bahwa buku Muhadatsah Yaumiyah wa Al-Mufrodah Al-Madrosiyah bagus dan layak untuk digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa. Selain itu, setelah dilakukan penghitungan dengan menggunakan rumus t-test di dapatkan bahwa penggunaan buku tersebut memberikan pengaruh yang signifikan, hal dapat dilihat hasil analisa data yang menggunakan rumus t-test dengan nilai sebesar 7,924. apabila dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 1% = 2,66 dan 5% = 2,00, maka diperoleh fakta bawha nilai 7,924 lebih besar dari nilai kedua taraf signifikansi tersebut ( 2,667,9242,00). Dan itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan buku Muhadatsah Yaumiyah wa Al-Mufrodah Al-Madrosiyah dengan kemampuan berbicara siswa SMP Ulul Albab Taman Sidoarjo. Sebagai penutup dari abstraksi karya ilmiah ini, penulis memberikan saran kepada para pengajar bahasa arab untuk dapat menggunakan media yang dapat memudahkan siswa dalam belajar, sehingga tujuan dari pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik. Mudah-mudahan abstraksi ini dapat memudahkan pembaca dalam memahami karya ilmiah ini. Amin... 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL