DETAIL DOCUMENT
FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM PADOMASAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Total View This Week1
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Qodriyah, Qodriyah
Subject
Bahasa Arab 
Datestamp
2015-02-16 04:05:28 
Abstract :
Bagi Umat Islam, bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki peranan sangat penting. Hal ini dikarenakan Al-Qur’an dan Al-Hadist yang merupakan pedoman hidup umat Islam dalam beribadah dan bertingkah laku ditulis dalam Bahasa Arab. Berdasarkan hal tersebut maka di Indonesia sekolah-sekolah yang berciri khas Islam berusaha memberikan perhatian terhadap Bahasa Arab. Dalam mencapai kesuksesan dalam belajar Bahasa Arab, hambatan-hambatan selalu ada, sehingga menimbulkan problematika dalam proses belajar mengajar Bahasa Arab. Hambatan-hambata tersebut banyak disebabkan oleh kesulitan siswa dalam belajar mengajar Bahasa Arab baik disebabkan oleh faktor yang bersifat intern maupun faktor yang bersifat ekstern. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab di SMP Islam Padomasan Jombang Tahun pelajaran 2008/2009. sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor intern penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab dan untuk mendiskripsikan faktor ekstern penyebab kesulitan belajar Bahasa Arab di MadrasahIbtida’iyah Nahdlatus Shibyan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan metode dan prosedur penelitian yang terurai sebagai berikut, pendekatan dan desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penentua informan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, interview, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisa data deskriptif reflektif thingking. Dari hasil penelitian dapat di kemukakan bahwa faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa arab di SMP Islam Padomasan Jombang, yaitu faktor intern yan meliputi kekurangan kognitif, kekurangan dalam memori, kekurangan kemampuan dalam menilai, kekurangan kemampuan prodoksi bahasa, kekurangan pragmatik, sedangkan faktor ekstern yang meliputi kurikulum, strategi pembelajaran, serta sarana dan prasarana, banyak ditemui di SMP Islam Padomasan, sehingga sangat diperlukan penanganan dan peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Arab yang lebih serius. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL