DETAIL DOCUMENT
EFEKTIFITAS METODE SCANNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 WARU SIDOARJO
Total View This Week3
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Fitrotin, Ila
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2015-02-12 02:33:43 
Abstract :
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting, karena membaca merupakan sarana untuk mempelajari dunia lain yang di inginkan. Manusia bisa memperluas cakrawala pengetahuan, dan menggali pesan-pesan tertulis hanya dengan membaca. Kegiatan membaca perlu dikuasai peserta didik karena membaca besar pengaruhnya terhadap proses belajar. Sebagaimana kita ketahui bahwa metode pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Proses belajar yang dilakukan siswa juga beragam yaitu; menulis, mendengarkan, memahami, berbicara, atau membaca teks bacaan pelajaran. Metode Scanning merupakan salah satu dari sekian banyak metode yang diterapkan. Metode Scanning merupakan cara atau teknik yang dilakukan dengan membaca materi bacaan secara cepat dan hanya mengambil bagian yang penting saja. Penelitian ini adalah yang berjenis True Emperimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Untuk metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Dan untuk metode analisisnya menggunakan analisis kuantitatif statistik parametrik yaitu dengan menggunakan uji t (uji kesamaan dua rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode scanning efektif terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji t dengan hasil thitung 3,45 ttabel 2,00 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya aplikasi metode scanning terhadap pemahaman siswa efektif diterapkan di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL