DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS TEKNIK BERTANYA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA'ARIF PAMOTAN
Total View This Week1
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Aisyah, Siti
Subject
Metode 
Datestamp
2015-02-11 08:33:55 
Abstract :
Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Strategi, metode, teknik serta media yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menjadikan siswa ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini yang dilatarbelakangi kurangnya partisipasi siswa dalam memberikan jawaban dan tanggapan atas pertanyaan guru yang terjadi di sekolah-sekolah. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengetahui dan mengembangkan teknik bertanya yang tepat dalam mengajukan pertanyaan (teknik pemberian waktu tunggu, teknik menuntun, menggali, pindah gilir, penguatan, dan pemusatan). Dimana guru harus bisa memadukan beberapa teknik bertanya dalam suatu proses pembelajaran sehingga siswa mampu berpartisipasi aktif dalam menjawab setiap pertanyaan. Penelitian ini dilakukan di MI Maa'arif Pamotan Porong, jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa MI Ma'arif dengan jumlah 179 siswa, siswa kelas V sebagai sampel observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan product moment dilanjutkan dengan t . Berdasarkan analisis dalam proses pembelajaran selama dua pertemuan didapati bahwa teknik bertanya guru tergolong baik yaitu dengan nilai observasi 3,66 dan prosentase hasil angket 65,2%. Hasil analisis untuk partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dengan teknik brtanya guru tergolong baik karena dapat dilihat dari nilai observasi partisipasi belajar siswa 3,42 dan hasil angket 67,6%. Untuk mengetahui keefektifan teknik bertanya dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil product moment dengan nilai 0,753 tergolong adanya hubungan yang kuat, dilanjutkan t dengan hasil 5,489 terbukti bahwa t lebih besar dari t , atau 5,489 2,069, maka ada hubungan yang signifikan. Jadi, teknik bertanya efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik di MI Ma'arif Pamotan maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan teknik bertanya yang tepat agar dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam menjawab dan menanggapi pertanyaan. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL