DETAIL DOCUMENT
PENGELOLAAN SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Urifah, Khusnul
Subject
Metode 
Datestamp
2015-04-10 07:20:32 
Abstract :
Persoalan yang menjadi fokus dalam dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Sidoarjo, problematika dan usaha yang dilakukan untuk mengantisipasi problemtika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dalam menjawab permasalahan tesis ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis terhadap pengelolaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Sidoarjo. Pandangan fenomenologis berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya yang terjadi dalam situasi-situasi tertentu, maka menurut pemahaman pandangan tersebut peneliti harus masuk dalam dunia konseptual obyek yang ditelitinya sedemikian rupa sehingga mengerti apa dan bagaimana sesuatu itu dibangun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Sidoarjo sudah cukup bagus dan lancar. Tapi di SMA Negeri I Sidoarjo terlihat bahwa penekanan aspek kognitif lebih menonjol dari pada afektif dan psikomotor. Oleh karenanya hal itu bisa menjadi problem yang tampak dalam perilaku siswa-siswi. Usaha yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan adalah pemilihan metode yang tepat, mempertimbangkan faktor emosional anak dalam merancang pembelajaran, pembinaan mental keagamaan, dan pembinaan sikap beragama. Adapun faktor yang mendukung terlaksananya pembelajaran di SMA Negeri I Sidoarjo salah satu diantaranya adalah sarana dan prasarana yang memadai 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL