DETAIL DOCUMENT
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERWAWASAN VISIONER-TRANSFORMATIF DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU : STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SEDATI SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Junaidi, Mahbub
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2015-03-04 06:01:41 
Abstract :
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana gaya kepemimpinan dalam upaya peningkatkan profesionalisme guru di MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo? 2) apa kendalah-kendalah dihadapi oleh kepala sekolah MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo dalam mewujudkan kepemimpinan visioner-transformatif? 3). Apa saja strategi untuk mewujudkan kepemimpinan visioner-transformatif kepala sekolah MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo dalam Meningkatkan profesionalisme guru? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui Bagaimana gaya kepemimpinan Kepala MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo dalam meningkatkan profesionalisme guru. (2). Untuk mengetahui kendala-kendala dihadapi oleh Kepala MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo dalam mewujudkan kepemimpinan visioner-transformatif. (3). Untuk mengetahui apa saja strategi mewujudkan kepemimpinan visioner-tranformatif kepala sekolah MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo dalam meningkatkan profesionalisme guru. Beberapa metode yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data sebagai sarana sumber penelitian tesis ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tanya jawab (interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala MTs Nurul Huda Sedati dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah gaya kepemimpinan visioner-tranformatif, yaitu pemimpin dalam meningkatkan profesionalisme guru menganggap bawahan (guru) sebagai mitra kerja, dapat mengerakan semua elemen pendidikan mulai dari murit, guru, komite sekolah, pengurus yayasan dan Stakeholders untuk mewujudkan misi dan visi sekolah masa depan. Perubahan jangkah pendek: mutu dan metode mengajar, dan panjangka panjang memiliki: asrama. Kesimpulan dari penelitian tesis ini adalah dengan kepemimpinan visioner-transformatif, dengan keuletan dapat menyatukan gagasan, tanggung jawab yang seimbang, ide dan keinginan, saran dari bawahan, serta mengerakan semua sistem pendidikan sekolah baik siswa, guru, komite sekolah, pengurus yayasan dan stakeholders utuk mewujudkan visi masa depan bersama. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL