DETAIL DOCUMENT
GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM USAHA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU : STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYATUS SHIBYAN ASEMROWO SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Anam, Moh. Asroful
Subject
Profesionalisme Guru 
Datestamp
2015-02-24 06:33:45 
Abstract :
Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah dalam Usaha Peningkatan Profesionalisme Guru (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana gaya kepemimpinan Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru ? 2). Bagaimana supervisi Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru? 3). Bagaimana peningkatan profesionalisme guru di MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana gaya kepemimpinan Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru. (2). Bagaimana supervisi Kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru. (3). Bagaimana peningkatan profesionalisme guru di MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya. Beberapa metode yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data sebagai sarana sumber penelitian tesis ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tanya jawab (interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala MTs Tarbiyatus Shibyan Asemrowo Surabaya dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah gaya kepemimpinan demokratis, yaitu pemimpin dalam meningkatkan profesionalisme guru menganggap bawahan (guru) sebagai partner, memberikan kebebasan berkreasi, berkreativitas dan meningkatkan profesionalnya, senang menerima saran, ide dan kritik bawahan, mengkomuni-kasikan kebijakan dan masalah, membangun tim kerja secara kekeluargaan, membangun gairah kerja dan memberikan kesempatan kepada bawahan untuk menduduki jabatan sesuai dengan kemampuan serta meningkatkan kesejahteraan secara adil. Kesimpulan dari penelitian tesis ini adalah dengan kepemimpinan demokratis yang memperhatikan hubungan pribadi dengan situasi dan penggunaan strategi collaborative dapat dijadikan sarana bagi pemimpin untuk meningkatkan profesionalisme guru. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL