DETAIL DOCUMENT
Pengembangan alat evaluasi hasil belajar matematika berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Wahyudi, Ahmad
Subject
Matematika 
Datestamp
2019-03-25 07:52:35 
Abstract :
Taksonomi bloom dua dimensi merupakan suatu taksonomi tujuan pembelajaran yang meliputi dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Dimensi proses kognitif meliputi level mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Sedangkan dimensi pengetahuan meliputi pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pegnetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitif. Alat evaluassi yang digunakan disekolah tepat peneliti ini, belum sepenuhnya memperhatikan level-level pda taksonomi bloom dua dimensi, oleh karena itu peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian ini. Pengembangan alat evaluasi matematika berbasisi taksonomi bloom dua dimensi pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp, yaitu terdiri dari lima fase 1) Investigasi awal, 2) Desain, 3) Realisasi, 4) Tes, evaluasi, dan revisi, 5) Implementasi. Namun peneliti ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrsah Aliayah Negri Surabaya pada tanggal 16 Juli 2011. Pada penelitian ini, telah dihasilkan enam item soal berbasis taksonomi bloom dua dimensi antara lain : a) Mengingat Pengetahuan Faktual, b) Memahami Pengetahuan Konseptual, c) Menganalisis Pengetahuan Konseptual, d) Menerapkan Pengetahuan Konseptual, e) Menganalisis Pengetahuan Konseptual, dah f) Mengevaluasi Pengetahuan Prosedural. Hasil dari analisis lembar validasi, diperoleh bahwa soal yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan dpat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi. Hasil dari uji coab terbatar diperoleh skor siswa yang kemudian dianalisis dan diperoleh koefisien reliabilitas 0,8236 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Oleh karena itu, alat evaluasi matematika berbasis taksonomi bloom dua dimensi pada materi dimensi tiga telah memenuhi kriteia valid, reliabel, dan praktis maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan baik. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL