DETAIL DOCUMENT
Identifikasi tingkat berpikir Geometri siswa menurut teori Van Hiele ditinjau dari perbedaan Gender pada materi pokok Segiempat: studi kasus Kelas VII SMPN 2 Gedangan
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Siti Kurotul Alifah (STUDENT ID : --)
Subject
Matematika 
Datestamp
2018-03-29 04:54:07 
Abstract :
Pembelajaran geometri merupakan hal yang sangat penting karena pembelajaran geometri sangat mendukung banyak topik lain, dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Pada dasarnya geometri mempunyai peluang yang besar untuk dipahami dibandingkan dengan cabang matematika yang lain. Namun bukti-bukti dilapangan menunjukkan bahwa hasil belajar geometri masih rendah dan masih mengalami kesulitan dalam memahami materi geometri. Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar geometri tersebut maka perlu adanya identifikasi tingkat berpikir siswa, salah satu teori yang mempelajari tingkat berpikir yaitu Van Hiele. Van Hiele mengungkapkan ada 5 tingkatan berpikir siswa dalam belajar geometri yaitu tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi), dan tingkat 4 (Akurasi). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat berpikir siswa menurut teori Van Hiele ditinjau dari perbedaan gender. Perbedaan gender yang dimaksud adalah perbedaan kemampuan berpikir laki-laki dan kemampuan perempuan dengan kemapuan tinggi, sedang, rendah. Pengelompokan siswa didasarkan pada nilai raport matematika semester ganjil tahun ajaran 2011\\2012. Pengelompokan siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan standart deviasi dan rataan nilai. Dari masing-masing kelompok diambil 1 siswa laki-laki yang berkemampuan tinggi, 1 siswa laki-laki yang berkemampuan sedang, dan 1 siswa laki-laki berkemampuan rendah, 1 siswa perempuan yang berkemampuan tinggi, 1 siswa perempuan yang berkemampuan sedang, dan 1 siswa perempuan berkemampuan rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan tes dan wawancara yang beracuan kepada indikator berpikir Van Hiele, sehingga dari data yang diperoleh peneliti dapat menentukan kecenderungan tingkat berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir siswa laki-laki berada pada tingkat 1, dan tingkat berpikir siswa perempuan pada tingkat 1, dan secara garis besar tidak ada perbedaan antra tingkat berpikir siswa laki-laki dan perempuan. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL