Abstract :
Kecerdasan intelektual bukan faktor utama yang dibutuhkan untuk dapat berprestasi. Masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi, diantaranya adalah kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal. Dengan kecerdasankecerdasan
tersebut seorang siswa akan megetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya, sehingga ia akan mampu memaksimalkannya dan ia akan mengetahui bagaimana berhubungan dengan orang lain. Hal ini akan membantunya
untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, ada tidaknya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar matematika siswa, ada tidaknya hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar matematika siswa, ada tidaknya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Taman kelas VII yang berjumlah 33 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan
cara random sampling. Variabel penelitian terdiri atas kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal sebagai variabel bebas serta hasil belajar matematika
sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes.
Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis korelasi Sperman rank dan koefisien korkondasi rank kendall.
Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan. Terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai rhit = 0,756, terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai rhit = 0,446, terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar matematika siswa dengan nilai rhit = 0,407.