DETAIL DOCUMENT
Analisis pembelajaran matematika bilingual di kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (rsbi) SMP Muhammadiyah 5 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Suhandono, Yuli
Subject
Matematika 
Datestamp
2018-01-30 01:45:33 
Abstract :
Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia berkualitas internasional dan lulusannya berdaya saing internasional. Tolak ukur sekolah dikatakan RSBI ketika sekolah tersebut mampu memenuhi delapan indikator kinerja kunci minimal serta indikator kinerja kunci tambahan minimal berstandar internasional dari salah satu anggota OECD sebagai keunggulannya. Memperhatikan tolak ukur yang ditetapkan pemerintah terhadap penyelenggaraan RSBI tersebut, terlihat bahwa indikator yang harus dipenuhi cukup banyak dan sulit. Hal itu menjadi sangat menarik untuk dikaji lebih dalam lagi tentang seberapa jauh sekolah RSBI yang sudah ada telah memenuhi semua indikator yang diamanatkan oleh pemerintah. SMP Muhammadiyah 5 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang telah berstatus RSBI. Sebagai sekolah yang telah tiga tahun lebih menyandang status RSBI, tentunya sekolah ini telah memenuhi semua indikator yang diamanatkan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan RSBI. Dari paparan tersebut timbul pertanyaan, apakah pembelajaran matematika bilingual di kelas RSBI SMP Muhammadiyah 5 Surabaya sudah sesuai dengan Standar Proses dan Standar Penilaian yang dikeluarkan pemerintah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut diadakanlah penelitian tentang pembelajaran matematika bilingual yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, serta hambatan-hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran matematika bilingual di kelas RSBI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Untuk analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman, sedangkan penilaian menggunakan format check list dengan skala prosentase. Data penelitian pembelajaran matematika bilingual di kelas RSBI dianalisis secara deskriptif dengan hasil sebagai berikut: perencanaan pembelajaran telah sangat baik dengan prosentase 95,23%, pelaksanaan pembelajaran telah sangat baik dengan prosentase 97,25%, penilaian pembelajaran telah sangat baik dengan prosentase 97,25%, serta hambatan yang sering dialami oleh guru matematika maupun peserta didik adalah tentang penggunaan bahasa Inggris yang kurang maksimal dalam proses pembelajaran di kelas RSBI. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL