DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN STRATEGI QUANTUM QUOTIENT PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SARIREJO LAMONGAN
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Nizar, Nur Indah
Subject
Metode 
Datestamp
2015-04-15 06:42:08 
Abstract :
Penelitian ini telah menjawab tiga rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan strategi quantum quotient kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan? (2) Adakah faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan? (3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan?. Penelitian yang penulis lakukan merupakan jenis penelitian kualitatif, sehingga penelitian ini tidak berupa angka-angka tetapi berupa kata-kata yang menggambarkan fakta di lapangan. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dokumentasi serta didukung dengan metode angket. Hal ini dilakukan agar mendapatkan data yang valid dan representative sehingga dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan dalam penyajian dan analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu suatu analisis yang menfokuskan pada penunjukan makna, menjelaskan dan menempatkan data pada konteksnya masing-masing dan melukiskannya dalam bentuk kata-kata, data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menyederhanakan data kedalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan dapat dikatakan baik, hal ini sesuai dengan observasi penulis di kelas VIII A dengan ikut langsung dalam pembelajaran, beberapa teknik-teknik di dalam strategi quantum quotient sudah diterapkan dengan baik. Di samping itu pula guru PAI dalam pembelajaran PAI juga menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab serta penugasan. Faktor-faktor penghambat dan pendukung strategi quantum quotient adalah: faktor penghambat: 1) Kurangnya pengalaman guru dalam penggunaan media pembelajaran, 2) Kurangnya pemahaman siswa tentang langkah-langkah dalam teknik-teknik strategi quantum quotient. Faktor Pendukung: 1) Fasilitas sekolah tersedia, 2) Sumber daya manusia (siswa), 3) Pemahaman guru tentangstrategi quantum quotient. Dari hasil angket secara keseluruhan, dengan mengambil jawaban ideal atau yang menjawab (a) bahwa respon siswa terhadap penerapan strategi quantum quotient pada mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan tergolong Cukup dengan prosentase 68%. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL