DETAIL DOCUMENT
Penerapan penilaian berbasis kelas dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Darul Mustofa Burneh Bangkalan
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
Author
Oktasari, Anna Rizqiya
Subject
Pendidikan Islam 
Datestamp
2019-03-25 05:18:40 
Abstract :
Peneliti bertujuan mengetahui bagaimanakah Mekanisme Penilaian Berbasis kelas serta Bagaimana Penerapan Penilaian Berbasis Kelas dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di Kelas X SMA Darul Mustofa Burneh Bangkalan. Adapun isi dari skripsi ini terdiri dari lima bab, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metodologi penelitian, laporan hasil penelitian, penutup. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan dan menguraikan suatu hal (variabel) dalam situasi. Deskriptif bersifat eksploratif, yaitu penelitian yang dilakukan hanya bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena dalam situasi tertentu. Dan penelitian ini hanya ingin mengetahui yang berhubungan dengan keadaan sesuatu, selain penelitian ini termasuk dalam penelitian yang tidak perlumerumuskan hipotesis (non hipotesis) terlebih dahulu dan jugabukan untuk mengujinya.Tetapi hanya mempelajari gejala-gejala sebanyak-banyaknya. Dari uraian serta analisa data-data yang telah diperoleh di lapangan mengenai Penerapan Penilaian Berbasis Kelas pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Mustofa Darul Burneh Bangkalan, Guru melakukan penilaian dalam kegiatan belajar mengajar, dalam bentuk tes tertulis, dan tes non tulis sesuai dengan indikator yang telah dibuat. Adapun kendala-kendala pelaksanaan PBK antara lain: alokasi waktu yang terbatas dan penempatan bidang studi pada jam terakhir serta kurangnya partisipasi orang tua. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain: input siswa yang baik dan sarana dan pra sarana yang memadai. 
Institution Info

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL